Berani Berarti Tidak Takut Menghadapi Kegagalan

Berbagi Motivasi, Inspirasi, Kisah Sukses Dan Artikel Pengembangan Diri

Sabtu, 02 Juli 2011

Berani Berarti Tidak Takut Menghadapi Kegagalan


Jika anda adalah orang yang berani, itu berarti anda mempunyai motivasi untuk terus maju dalam menggapai tujuan hidup. Motivasi yang sangat besar adalah cerminan orang sukses yang selalu berani dalam melangkah. Motivasi adalah daya penggerak setiap orang untuk menghadapi segala hal dengan berani, sehingga segala perilakunya akan terarahkan dengan baik menuju pemenuhan kebutuhan dirinya. Kebutuhan ini merupakan sesuatu yang sangat penting dalam motivasi.

Apa arti kegagalan? The Liang Gie (1996) mengartikan kegagalan sebagai sebuah karunia terselubung karena membuat seseorang yang mengalaminya menjadi lebih tabah, lebih arif, dan rendah hati. Pada saaat menghadapi kegagalan demi kegagalan, Abrahan Lincoln mengatakan dia sudah terlalu tua untuk menangis, tetapi akan sangat menyakitkan jika tertawa. Menurutnya, kata gagal itu tidak ada, yang ada adalah usaha dan mencoba. Bahkan dia tegas berkata bahwa “ Anda tidak bisa gagal...kecuali jika Anda mati” 

Karena itu Anda tidak boleh berhenti mencoba dan berusaha dan mencari cara yang lebih baik lagi agar berhasil. Jika Anda berhenti, pada saat itulah Anda akan dicap sebagai orang gagal. Manusia di anugerah kan akal pikiran dan hati  yang sempurna untuk sehingga bisa memikirkan berbagai fenomena yang terjadi disekitarnya dan juga bisa mengontrolnya dengan hati agar bisa mencapai sebuah kehidupan yang seimbang dan membawa kebaikan.

Kegagalan adalah sebuah peristiwa potensial yang tersembunyi yang tidak memiliki makna kecuali setelah diberi pemaknaan oleh diri sendiri. Oleh karena itu jangan terjebak pada konsep kegagalan dan setelah itu tidak pernah beranjak lagi atau bangkit dari kegagalan tersebut, maka itulah namanya ketakutan. Ketakutan muncul karena sudah ada motivasi bahwa dirinya akan gagal dan gagal lagi jika dirinya akan mencoba kembali.

Jika Anda memiliki kebiasaan patah semangat setelah menemui kegagalan dan memandang kegagalan sebagai penyakit, maka Anda tidak akan pernah bisa keluar  dari kegagalan tersebut. Dari sana muncul sebuah pola pikir negatif dan menyerah begitu saja sehingga sifat pasrah dan malas dalam mencoba kembali akan muncul seketika dan mempengaruhi kehidupan Anda.

Coba kita melihat para tokoh-tokoh dunia yang sukses di bidang masing-masing. Pasti mereka tidak akan lepas dari yang namanya kegagalan. Sebagai contoh Thomas Edison yang di anggap orang bodoh di sekolahnya dan bahkan pernah di anggap sebagai orang yang tidak akan berkembang. Tetapi apa yang akan terjadi kemudian tidak pernah di sangka orang. Dia mampu menciptakan berbagai penemuan yang sangat berguna bagi semua orang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Berani Berarti Tidak Takut Menghadapi Kegagalan

0 komentar:

Posting Komentar