Mengenal Pengertian Percaya Diri

Berbagi Motivasi, Inspirasi, Kisah Sukses Dan Artikel Pengembangan Diri

Senin, 05 Desember 2016

Mengenal Pengertian Percaya Diri

Mengenal Pengertian Percaya Diri


Percaya diri merupakan hal yang sangat penting yang seharusnya dimiliki olehsemua orang. Dengan percaya diri seseorang akan mampu meraih segalakeinginan dalam hidupnya. Perasaan yakin akan kemampuan yang dimiliki akansangat mempengaruhi seseorang dalam mencapai tujuan hidupnya. Adapunpercaya diri menurut Hakim (2005) yaitu suatu keyakinan seseorang terhadapsegala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnyamerasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya. 

pengertian percaya diri

Jadi,dapat dikatakan bahwa seseorang yang percaya diri akan optimis di dalam melakukan semua aktivitasnya, dan mempunyai tujuan yang realistik, artinya individu tersebut akan membuat tujuan hidup yang mampu untuk dilakukan,sehingga apa yang direncanakan akan dilakukan dengan keyakinan akan berhasil atau akan mencapai tujuan yang telah ditetapkannya.

Seorang yang percaya diri juga akan mampu mengembangkan penilaian positif terhadap diri sendiri maupun lingkungan yang ia hadapi. Dengan memiliki percaya diri, seseorang tidak hanya mampu mengembangkan penilaian yang positif saja terhadap dirinya dan lingkungannya, melainkan akan mendapatkan hal yang bermanfaat dalam setiap keadaan. Sebagaimana telah dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (dalam Nurlaili, 2008), bahwa “Percaya diri adalah yakin benar atau memastikan akan kemampuan atau kelebihan seseorang”. Rasa percaya diri merupakan sikap yakin terhadap sesuatu, hal ini sangat bermanfaat dalam setiap keadaan.

Individu yang percaya diri akan memandang kelemahan sebagai hal yang wajar dimiliki oleh setiap individu, karena individu yang percaya diri akan mengubah kelemahan yang dimiliki menjadi motivasi untuk mengembangkan kelebihannya dan tidak akan membiarkan kelemahannya tersebut menjadi penghambat dalam mengaktualisasikan kelebihan yang dimilikinya. Sebagai contoh, siswa yang selalu menjadi juara kelas mampu menguasai materi pelajaran yang diajarkan di sekolah, sehingga ia merasa yakin dan tidak takut jika disuruh gurunya untuk mengerjakan soal di depan kelas. Bahkan, di dalam setiap mata pelajaran,

jika guru bertanya atau meminta seseorang untuk mengerjakan soal di depan kelas, siswa yang menjadi juara kelas dapat mengajukan diri tanpa diperintah. Sedangkan Maslow (dalam Ishwidarmanjaya & Agung, 2004), menyatakan bahwa “percaya diri merupakan modal dasar untuk pengembangan dalam aktualisasi diri (eksplorasi segala kemampuan diri).” Dengan percaya diri, seseorang akan selalu berpikir bahwa dirinya adalah manusia yang berkualitas dalam berbagai bidang kehidupan, pekerjaan, kekeluargaan, dan kemasyarakatan, sehingga dengan sendirinya seseorang yang percaya diri akan selalu merasakan bahwa dirinya adalah sosok yang berguna dan memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dan bekerja sama dengan masyarakat lainnya.

Berdasarkan beberapa pengertian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa percaya diri sikap yakin dan optimis pada seseorang terhadap kemampuan yang ia miliki, keyakinan seseorang terhadap segala kelebihan dan kekurangannya, selalu optimis dalam mencapai tujuan hidup serta merasa puas terhadap dirinya baik yang bersifat batiniah maupun jasmaniah, dapat bertindak sesuai dengan kapasitasnya serta mampu mengendalikannya.

Demikianlah artikel tentang pengertian percaya diri ini, baca juga artikel tentang cara meningkatkan rasa percaya diri yang sudah dibahas sebelumnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Pengertian Percaya Diri

0 komentar:

Poskan Komentar