Orang Sukses Itu Murah Hati

Berbagi Motivasi, Inspirasi, Kisah Sukses Dan Artikel Pengembangan Diri

Senin, 20 Juni 2011

Orang Sukses Itu Murah Hati


Karakter orang sukses yang keempat adalah murah hati. Yang dimaksud murah hati disini adalah selalu memberi dan membantu orang lain yang membutuhkan bantuannya, baik berupa materi maupun pemikiran, karena tidak ada orang sukses sejati yang tidak mau  membantu orang lain, serta tidak ada orang sukses yang kikir dengan kesuksesannya.
Coba kita lihat di sekeliling kita pernah tidak kita melihat orang sukses yang benar-bener sukses yang tidak dikenal di lingkungannya? Pasti mereka selalu di kenal, karena mereka akan selalu menampakkan diri dalam bentuk dan kegiatan yang sifatnya “membantu” . Nah, dari sifat membantu itulah yang sebenarnya yang terkandung dalam sikap murah hati.

Oleh karena itu, sudah jelas murah hati akan menjadi bagian dari kepribadian orang sukses. ketika kita berpikir tentang murah hati, yang terlintas dalam pikiran kita adakalanya tentang pengemis dijalanan yang menjulurkan tangannya seraya meminta mengharapkan kemurah-hatian setiap orang. Kita sering melihat betapa banyak orang yang menjadi sangat murah hati yang mungkin tidak mampu memberi semua kebutuhan orang lain. Dan apakah masih ada murah hati yang lebih besar daripada itu? Jawabannya tentu ya.

Dan untuk mengembangkan sebuah pemahaman tentang pentingnya murah hati, Dalam definisi yang paling singkat kita bisa menganggap murah hati sebagai sebuah tindakan belas kasih dari satu individu yang memberikan sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan. Karena itu, kita belajar bahwa sikap murah hati tidak hanya berhubungan dengan suatu tindakan belas kasih kepada orang yang membutuhkan. 

Sikap murah hati punya makna yang lebih besar dan luas yang bisa mempengaruhi  prilaku  masing-masing individu sepanjang hidupnya, karena sikap murah hati adalah jiwa, maka untuk  mendapatkan kepribadian orang sukses yang satu ini, harus di pupuk sejak dini sehingga lama kelamaan akan menjadi kebiasaan yang positif baik bagi diri sendiri maupun kepada  diri orang lain disekitarnya.

Karena orang sukses yang sejati adalah orang yang mampu membahagiakan dirinya sendiri dan juga orang yang ada di sekitarnya. Tidak ada  orang sukses yang diambil dan dirasakan sendiri, karena kebahagiaan yang menjadi inti kesuksesan itu sangat terkait dengan orang lain. Itulah sebenarnya konsep mendasar dari sikap murah hati.

Murah hati tentu tidak akan terlepas dari materi. Bahkan ada kecendrungan, murah hati itu identik dengan pemberian  materi meskipun sebenarnya konsep murah hati itu sangat luas cakupannya dan tidak hanya sekedar materi. Lali apa sebenarnya sikap murah hati dalam hal materi? Karena inti dari murah hati adalah “pemberian” maka sikap murah hati dalam hal materi berarti pemberian materi kepada orang lain yang membutuhkan sebagai bentuk solidaritas terhadap sesama. 

Solidaritas ini muncul sebagai bagian dari kosep diri yang matang bagi orang yang melakukannya yang sadar bahwa dalam hidup ini dia tidaklah sendiri sehingga prinsip tolong-menolong menjadi acuan dasar dari kehidupannya. Hal ini berarti kepribadian orang yang murah hati sangatlah luhur dan mencerminkan bahwa pandangan dia terhadap arti kesuksesan itu tidak hanya untuk diriya sendiri, tapi juga untuk orang lain. Karena dia sadar bahwa kesuksesan yang dia dapatkan tidak akan pernah terwujud tanpa adanya bantuan orang lain, dan kesuksesan itu tidak akan pernah berarti jika tidak dibagi bersama orang lain. 

Oleh karena itu sikap murah hati menjadi salah satu jalan untuk mewujudkan prinsip yang di anutnya itu. Tanpa adanya sikap murah hati, dia akan merasa bahwa hidup ini kurang seimbang dan tidak selaras, bahkan hal itu, di anggap bisa menyesakkan kehidupannya. Selain itu,  orang yang murah hati, tentu akan mendapatkan dorongan yang lebih besar dalam jiwanya. Sebab orang yang murah hati yang akan yakin seyakinnya bahwa apa yang  dilakukannya itu diridhoi Tuhan. Dan Tuhan akan membantu akan membantu segala aktivitas dan tanatangan hidup yang akan dia hadapi, sehingga diapun akan termotivasi untuk terus banayk bergerk dan beraktivitas dalam mewujudkan segla impiannya.

Disinilah sebenarnya letak keluhuran orang yang murah hati. Cobalah dengar ungkapan-ungkapan luhur dari orang yang bersikap  murah hati dalam kehidupannya yang dikutif dari Jolan Chang dalam bukunya The Tao of  Loving Couple yang saya ambil dari sebuah buku sebagai berikut :

Suatu kehidupan yang luhur ialah membuat diri kita dan orang lain bahagia, Dan tidak merugikan siapapun termasuk diri sendiri , selanjutnya berikhtiar sebaik-baik untuk membantu masyarakat, Sehingga masyarakat tidak hanya akan terselamatkan dari kehancuran,melainkan juga menjadi suatu masyarakat yang senntiasa bertamabah indah dan penuh kasih.

Semoga Bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel orang sukses itu murah hati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Orang Sukses Itu Murah Hati

0 komentar:

Posting Komentar