Orang Sukses Itu Punya Harga Diri

Berbagi Motivasi, Inspirasi, Kisah Sukses Dan Artikel Pengembangan Diri

Senin, 20 Juni 2011

Orang Sukses Itu Punya Harga Diri


Orang yang mempunyai karakter sukses yaitu orang yang mempunyai harga diri, karena harga diri itu sangat penting untuk menunjang pencapaian segala tujuan atau apa yang Anda cita-citakan. Seseorang yang punya tujuan besar dalam hidupnya jika tidak punya harga diri tentu tidak akan mampu mewujudkan tujuan tersebut dengan sukses, Ingat, dengan sukses! karena bisa saja seseorang meraih keinginannya tapi itu terpenuhi dengan jalan tidak memenuhi prinsip kesuksesan, sehingga tujuan meraih sukses yang sebenarnya, yaitu kebahagiaan, tidak pernah bisa diraih. 

Dengan kata lain, jika suatu tujuan bisa diraih tapi tidak merasa bahagia dan selalu dikejar-kejar kecemasan dan kekhawatiran yang sangat mendalam, maka orang itu tidak bisa dikatakan sukses. Atau seseorang dapat meraih suatu tujuan hidup tapi harus dengan jalan mengorbankan harga dirinya, maka tentu tujuan yang diraih itu tidak bisa dikatakan sebuah kesuksesan. Bisa jadi tujuan tersebut didapat dengan jalan menjilat, mengadu domba, atau prilaku yang mencerminkan ketidakpunyaan harga diri lainnya, maka itu bukan kesuksesan sejati. Jadi, Anda harus punya harga diri jika ingin di anggap sebagai orang sukses sejati !

Harga diri sendiri merupakan sebuah kesadaran akan berapa besar nilai yang diberikan kepada diri sendiri. Dengan kata lain, harga diri adalah bagaimana Anda bisa memberikan sesuatu kepada diri sendiri agar bisa memuaskan batin sehingga Anda lebih percaya diri dan bisa menguasai keadaan yang ada disekitar Anda. Harga diri adalah sikap menerima diri apa adanya. Hal ini berhubungan dengan keyakinan bahwa kita layak, mampu dan berguna dalam apapun yang telah sedang dan akan terjadi dalam hidup kita. Oleh karena itu, harga diri merupakan suatu bentuk menginfestasi dari keberanian kita untuk mengakui kekurangan  yang ada pada diri kita.

Harga diri adalah pendapat Anda tentang diri Anda sendiri. Hal itu didasarkan pada prilaku Anda terhadap: nilai Anda sebagai seorang individu, pekerjaan yang Anda lakukan, prestasi-prestasi Anda, bagaimana tujuan Anda dalam hidup, tempat Anda didunia, kekuatan dan kelemahan Anda, status sosial Anda dan bagaimana Anda berhubungan dengan orang lain, dan kebebasan atau kemampuan Anda untuk berdiri di atas kaki Anda sendiri. Dengan demikian harga diri Anda dapat dikenali dengan cara Anda bertindak dan berprilaku, melalui sikap dan keyakinan serta cara Anda memandang diri Anda, lewat emosi-emosi Anda.

Apabila kita mempunyai mempunyai harga diri yang tinggi dan sehat, maka kita pun akan menilai tinggi diri kita. Kita akan menyukai dan menerima diri kita apa adanya. Kita dapat dengan mudah memaafkan diri kita. Kita memfokuskan diri kita pada kekuatan dan kelebihan kita dan kita dapat secara efective membedakan diri itu dari prilaku   atau apa yang kita lakukan.kemudian jika jika kita melakukan kesalahan atau kebingungan, maka kita yakin akan mampu mengatasinya, karena kesalahan dan kebingungan itu akan timbul hanya karena apa yang kita lakukan itu tidak baik dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.


Rasa hormat diri pada dasarnya berusaha untuk menetralisasi rasa percaya diri agar tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Rasa percaya diri percaya diri akan membuat kita lalai pada sesuatu yang tidak kita pikirkan sebelumnya atau kita akan dikatakan sombong. Karena pada saat kita berada pada puncak percaya diri biasanya kita menganggap enteng sesuatu, padahal itu merupakan sebuah tindakan yang ceroboh. Dari sikap itu kita bisa dijatuhkan dengan mudah, karena kita berada dalam posisi yang lengah.

Sebaliknya kekurangan kepercayaan diri akan membuat kita takut untuk melakukan sesuatu, merasa minder, rendah diri, tidak berharga, dan tidak tahu harus berbuat apa. Hanya sensitif yang mempunyai kepercayaan diri dan citra diri yang rendah. 

Orang yang punya harga diri tinggi membedakan secara tegas diri mereka dan prilaku mereka, karena mereka sadar bahwa jika terlalu sering mengatakan kepada diri sendiri bahwa diri mereka bodoh, maka mereka akan semakin cendrung bertindak bodoh, yang tentu saja merugikan. Orang yang mempunyai harga diri tinggi dalam situasi seperti  itu tentu saja akan berkata  “ apa yang saya lakukan pada saat itu sangat bodoh tapi saya tidak terima jika saya dikatakan bodoh. Karena saya bisa melakukan apa yang saya inginkan “ Itulah harga diri!

Terimakasih telah membaca artikel orang sukses punya harga diri dan semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Orang Sukses Itu Punya Harga Diri

0 komentar:

Poskan Komentar